Home > Hobby > Netbook vs Notebook

Netbook vs Notebook

Dikutip dari DetikInet

Jakarta – Industri PC telah melahirkan spesies produk baru. Bentuknya terlihat seperti notebook tetapi bukan notebook. Produk ini diberi nama netbook. Seperti apa ciri-cirinya?

Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan, perbedaan antara netbook dan notebook yang paling mendasar adalah dari sisi fungsionalitas. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.

“Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar,” tuturnya, dalam temu media di Cafe Neo Vanity Jakarta, Kamis petang (17/7/2008).

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci. “Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inci, kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi,” tukas Budi.

Ketersediaan input dan output devices di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB.

Alasannya, kata Budi, karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya yang lebih condong untuk content consumption.

Pastinya dari sisi harga keduanya tentu juga berbeda. Rata-rata netbook dibanderol di kisaran US$ 250 – US$ 450, sedangkan notebook minimal US$ 500.

Di Indonesia sendiri, sejumlah produsen PC telah masuk ke bisnis netbook. Acer adalah produsen PC teranyar yang merilis netbook Aspire One. Sebelumnya ada Zyrex, Asus, MSI dan Hewlett-Packard — dengan mini notebooknya — yang telah lebih dulu menjejakkan kaki di lahan bisnis ini.

Jadi, apa pilihan Anda?

Advertisements
Categories: Hobby Tags: ,
  1. October 11, 2008 at 5:55 am

    sebenarnya saya ingin tetapi haRGANYA KOK MAHAL APA ADA YANG SECAND BERAPA HARGANYA

  2. Erwien
    October 11, 2008 at 9:20 am

    menurut saya sih gak terlalu mahal klo dibandingkan dengan harga notebook. Rata2 harga netbook di Indonesia skitar 4-5jt.

    Klo yang second kayaknya masih jarang, mengingat netbook saat ini barang baru.

  3. May 7, 2009 at 4:49 am

    ada kemungkinan gak buat make pirantipiranti lunak macem sonar, fruity loops, adobe soundbooth ato adobe audition dlm suatu netbook??

    maksutnya, kalo pake yg gituan apa itu bisa ngaruh ke kinerja netbook tersebut,,

  4. February 14, 2010 at 4:10 am

    pengen bgt beli netbook,,,,

    • Erwien
      February 14, 2010 at 4:19 am

      then go buy it.. what are you waiting for?

  5. ali3na
    April 17, 2010 at 2:01 am

    tanya dong acer aspire one 532h netbook or notbook.

  1. October 9, 2008 at 4:39 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: